RSS

warna-warni perbedaan



"Jika kamu melihat warna-warni itu sebagai suatu perbedaan, aku langsung tahu, justru kamu lah orang yang paling sakit...."

Itu sepenggal dialog yang terus terngiang di kuping saya setelah nonton drama musikal NEGERI WARNA garapan anak-anak SMP-SMA Cita Hati, Surabaya. Koreografinya keren, audio-visual yang mendukung dan kostum yang semarak buat saya hanyalah supporting units. Saya sangat sesalkan karena drama ini tidak ditayangkan di televisi. Justru drama seperti ini penting di saat-saat seperti sekarang, dimana orang sudah lupa keindahan dari sebuah perbedaan. Lupa bahwa Indonesia dilahirkan dari asas Bhinneka Tunggal Ika yang artinya: BERBEDA-BEDA TAPI TETAP SATU JUA. Saat orang-orang lupa bahwa persamaan adalah sesuatu yang MEMBOSANKAN.
Dari kecil, saya belajar tentang lima agama di negeri yang saya tinggali, Indonesia. Dari kecil pula, saya belajar tentang berbagai suku yang tinggal di Indonesia. Dan segala perbedaan itu membuat negeri ini SPESIAL.


Karena itu saya nggak akan pernah mengerti dengan jalan pikiran orang-orang yang hendak membuat negeri ini jadi SATU AGAMA atau jadi SATU MODEL BUSANA gara-gara
stupid and silly thing called UU Anti Pornografi atau jadi SATU SUKU BANGSA, menyingkirkan suku-suku lainnya. Mereka yang melihat warna-warni sebagai suatu perbedaan adalah mereka YANG PALING SAKIT dan BUTUH DISEMBUHKAN.

Friday, 14 November 2008
1:33 pm

0 komentar ajah: