RSS

masih tentang facebook

Kadang-kadang, diantara status-status tak jelas yang berseliweran di dinding facebook saya, ada satu atau dua status yang berkesan 'ngomel' atau 'nyindir'. Yang paling baru tulisannya kira-kira begini: "Facebook ini apakah untuk ajang pertemanan atau ajang narsisme yah?" Sebelum status ini, saya sudah pernah juga baca yang rada ngomel: "Enggak ngerti kenapa sih pada nulis status-status nggak penting!" atau "Hello, guys, emang gue pikirin lu mau kentut kek, mau beol kek, perlu gitu nulis di status?" Yang tulisannya nyindir juga ada: "Kayaknya ngumpulin status-status di facebook nih bisa jadi cerita menarik!"

Jujur aja, dulu saya sempet rada kecanduan dan lumayan sering update status ga penting. Tapi dulu update status saya masih hitungan jam, bukan hitungan menit (bandingkan dengan twitter-nya para seleb yang bisa beberapa meni
t sekali nge-tweet, saya pikir mereka orang tersibuk sedunia, tapi kenyataannya, saya aja nggak bisa nge-tweet beberapa menit sekali seperti mereka). Lama kelamaan saya nggak mau merasa terlalu attach dengan facebook. Oke, saya ngaku, setiap kali duduk manis di kursi kantor, facebook adalah salah satu web yang saya buka secara rutin selain email pribadi dan email kantor saya, tapi beberapa waktu terakhir saya enggak terlalu sering update status (bener nggak? bener!).

Kemudian saya pikir-pikir (sesuai hobi saya yang suka observing people's behavior), sebenarnya menarik juga loh mengamati status-status yan
g ter-update setiap harinya. Dan setelah mengamat-amati cukup lama, saya mengkategorikan facebook's status updater menjadi seperti di bawah ini:
1. Reporter
Updater kategori ini sering menulis kayak: @Kampung Daun, makanannya enak euy atau lagi nge-gym nih, duh kapan kurusnya yah atau atau hanya baru bangun tidur, tapi masih ngantuk atau hanya sekedar @home. Makanya saya kasi nama reporter karena rata-rata statusnya melaporkan keadaan, tempat pelapor berada dan apa yang baru saja dilakukan
2.
Ecclesiastic (alias rohaniwan/rohaniwati) Updater tipe ini biasanya suka quote dari Alkitab atau nulis doa kayak: Dear God, forgive me and all my sins atau kadang-kadang juga ngutip syair lagu rohani kayak a whole new world..ehhh salah, salah itu bukan lagu rohani kan ya? Uhm, kayak S'bab Kau besar, kekuatanMu ajaib, tiada seperti Engkau... atau kadang bisa juga nulis: Tuhan tak pernah tertidur, jadi jangan pernah menyerah.
3. Gamer
Updater tipe ini biasanya suka minta-minta tolong untuk membantu dia melawan mafia dalam MAFIA WAR (game opo sih iki... sering di-invite, tapi sekali tidak tetap tidak!). Atau suka. Sekarang enggak cuma Mafia War, ada juga Vampire War, terus Castle Age (kalau ga salah) terus Pet Society terus Farmville terus Sorority Life terus Aquarium terus.. weleh banyak pokoke.

4. Quizzer
Seperti nama kategorinya, bisa ditebak bahwa updater tipe ini suka sekali ngikutin quiz yang tersedia di facebook (kadang-kadang saya juga sih hihihi, tapi biasanya quiz yang cukup menarik, kalau hanya 'Hantu apa yang ada di kamar anda?', mending saya nggak ikut deh, daripada kepikiran).
5. Hidden-message messenger

Kalau updater tipe ini biasanya nulis status untuk ditujukan ke salah satu orang aja, walaupun mungkin empat ratus friends lainnya membaca status, enggak masalah buat dia. Yang penting orang yang dimaksud juga dapet pesan tersembunyi dari dia. Updater tipe ini juga bisa saja mengungkapkan cinta pada seseorang tapi belum punya keberanian untuk mengungkapkan langsung. Contoh status: Kangen kamu
...
6. Promoter
Updater ini biasanya punya toko online jadi sering mempublikasikan 'barang-barang dagangannya'. Katanya sih, via facebook ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan. Statusnya tentu saja berkisar: Ada barang baru lho.. sila
hkan dilihat-lihat dulu.. (iyah, cie.. jangan kesindir loh!!! wkaakakaka)
7. Curhat Mania (maap saya ga nemu bahasa inggrisnya 'curhat', haruskah: heart devoter? i dont think so)
Biasanya statusnya berisi curhat-curhat pribadi, dan kadang-kadang nggak nyadar kalau dengan nulis status itu x friends dalam list dia akan menerima status tersebut. Jadi misal dia nulis status: aku patah hatiiii... dan jumlah temannya ada 1000, maka 1000 orang itu tahu bahwa dia sedang patah hati.

8. Questioner
Bisa dilihat dari kategorinya, updater tipe ini biasanya statusnya berkisar pertanyaan. Misalnya: ada yang tahu gempa terakhir itu berapa skala
richter? Tapi kadang-kadang juga bisa: enaknya makan siang ini makan apa ya? ada ide? atau kenapa sih semuanya terjadi padaku?? Yang terakhir ini pertanyaan retoris yang ga perlu jawaban maupun comment sebenernya, tapi karena penulis menulis di facebook maka dia juga nggak bisa ngelarang orang kasi comment di statusnya dia.
9. Quoter
Kayaknya saya cukup sering nih di tipe ini karena i love insightful quotes very much! Jadi kalau dapet quote bagus dari film or dari buku or dari email biasanya saya tulis di status. Contohnya: to be a princess you have to believe that you a
re.
10. Announcer
Maksudnya tukang kasi pengumuman. Misal mo ada acara apa gitu terus update status: Buat panitia XX, nanti jangan lupa rapat jam 7 malam yah. On time lohhh...

Sisanya? Yah... mungkin ada yang mau nambahin?

Intinya sih.. enggak masalah deh mau tulis status apa. Tapi memang harus berhati-hati dalam update status. Karena enggak jarang juga orang bisa tersinggung dengan status yang ter-update padahal yang menulis belum tentu bermaksud demikian. Apalagi yang mengandung unsur SARA. Yakin deh, diantara friendlist kita tuh kemungkinannya kecil sekali kalau satu agama semua. Juga jangan sampai de
h, update status berupa keluhan tentang bos tapi lupa kalau boss juga ada di frenlist. Kayak gini:

I hate to say but yes.. Facebook is where your privacy is not private anymore. Just be careful, guys...

Tuesday, 27 October 2009
12:20 pm


9 komentar ajah:

Miss Badai said...

OMG!!! wah, kayaknya aku masuk semua kategori deh.... wkwkkw.....itu yang gambar itu serem banget yah...dia dipecat dunk??!?!!?

jc said...

Hello, there, miss badai...! How are you?? Been ages it seems not to hear from you. I hope everything it's okay, since you rarely post something in your blog hahahaha.
Jangan khawatir, Cha, kadang2 aku juga kok.. hehehehe.
Yg gambar itu yes dia dipecat sungguhan.. makanya hati2 yahhh..

fox said...

Fiuhhhh..... untung jarang banget update status.

hehehehe...

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

kalo aku sih mengelompokkan status berdasarkan tipe orang.
misal orang melankolis: biasanya statusnya tentang curhatnya dia..misalnya..kenapa ini semua harus terjadi padaku, aku cinta kamu sayang, hari ini my dear bertingkah aneh...bla bla bla...

orang sanguin (seperti saya) biasanya suka ngasih status ga penting misalnya: hwanhee ganteng banget lho (sampe ada yang tanya sapa tuh hwanhee), or waktunya menguruskan badan (paling sering ni...padahal ga penting ya)..or kenapa hari ini hari buruh...dll

orang kolerik mungkin akan menulis: to all my staff...please finish your job on time, jangan suka maen fb di kantor!!! (padahal dia juga update status), mbak tolong anak saya jangan lupa disuapin, dll nya.

orang plegmatis biasanya jarang update status fb..or kalopun update palingan dia tulis satu kata misal: ngantuk, marah, sedih, laper, dll nya...

bener ga jes?
heheheheheh
itu hasil analisaku..ga penting buanget yaaa

btw bisa tebak ga ini sapa? kristina or ria

another jc said...

anda sudah saya invite mafia war dan anda sudah resmi menjadi anggota mafia saya dengan nama Don Monika, wakakaka...

jc said...

@Kristina *wes pasti bener wes!*: blom tentu lohhh.. kayak saya nih, orang plegmatis dan melankolis toh, kalo update status kayak yang barusan aku tulis nih.. PERCAYALAH, BOY, SEGANTENG-GANTENGNYA ANDA, JANGANKAN CEWEK CAKEP, CEWEK JADI-JADIAN PUN BAKAL ILFIL JIKA LIHAT ANDA NGUPIL! nah lho! wkakakaka

@anotherjc alias ma bro: duhhh... iku kecelakaan!!!!!

Sri Riyati said...

=D Whahahahahahha. Cekakakcekakak...
Lucu banget Jess. Lama nggak buka blog, rasanya kayak pulang ke 'rumah'. Kok kowe tahu sih kalo Kristina ato Ria yang nulis??? (kagum terbego2). Kalo mnrtku status updatermu pengelompokannya udah bener. Jadi aku saranin dipatenkan aja pake binomial nomenclaturnya si Darwin (sebelum dipatenkan duluan ma malaysia). Khikhikhi...

Kalo mnrtku pengelompokannya cuman ada dua.
Satu, orang yang males nulis pesan satu2 ke masing2 orang. Contoh: buat temen2 yang inget ultahku, makasih yah. Buat yang pada baru di wisuda, selamat yah. Dan orang ini adalah aku.
Dua, orang yang rajin mengupdate status seperti pada penglompokan di atas (idem blognya Jessie). Contohnya bukan aku. Hehe. Nice post Jess! xxx

REYGHA's mum said...

aku kesian ma yg dipecat itu lho...btw aku jatuh cinta nih sama blogmu...

jc said...

@Ria: halo Riaaa.. baru pulang berlibur yahhh... ??? Duh asoy... mana oleh2? kok ga sampe surabaya?? eh.. disekolahin tinggi2 kok ga isa bedain tulisan kristina dan ria.. wkakakakaka.. butuh keahlian khusus taukkk.. ;))

@Reygha's Mum: ada lagi lho kasus Evan Brimob itu, tau ga? Itu juga gara-gara facebook.. hehehe.. emang harus hati2 yah? Maacih lho udh dijatuhcintai.. asal ga digila-gilain aja, dibilang 'gila', 'gila' hahahahaha