RSS

dari pucuk daun sebuah pohon


Dari pucuk daun sebuah pohon, seekor serangga tak bernama bertengger. Ia lesu tak nafsu makan. Angin sepoi-sepoi tak lagi menghampirinya. Di bawah sana bukan lagi hamparan rumput hijau, tetapi jalanan berasap - baik kepulan asap dari kendaraan bermotor yang dipakai manusia, kepulan asap dari moncong manusia, juga kepulan debu. Tak lagi bisa ia tonton anak-anak kecil tertawa girang karena layang-layang mereka membubung tinggi di langit biru, menyapa awan-awan. Tak lagi bisa ia amati pasangan orang-orang tua berjalan-jalan sambil menghirup udara segar. Tapi ia tak mengeluh, hanya sedih. Waktunya hampir tiba.

Siang itu, beberapa petugas datang. Dan tak kurang dari sehari, pucuk daun itu terbujur di atas jalan bersemen. Terinjak kaki-kaki serampangan yang wira-wiri. Serangga tak bernama itu tak kurang pahit nasibnya. Cairan tubuhnya tertempel pada pucuk daun tempat ia tadinya bertengger. Lengket dan tak lagi bernyawa. Namun, siapa peduli pada nasib serangga tak bernama? Meskipun barangkali ia adalah saksi jujur sejarah kehidupan? Sejarah kehidupan yang seringkali diputarbalikan sedemikian rupa, sehingga terkadang tak bisa lagi diketahui mana yang benar, mana yang salah?

Benar apa kata Goenawan Mohammad, manusia terlalu sibuk dengan hal-hal besar, sehingga tak punya waktu untuk hal-hal remeh macam serangga.


Sabtu, 27 Juli 2013
6:39 


#36harimenulisrandom

4 komentar ajah:

SHINSTYA.kr. said...

#36hari membaca tulisan ce jessi

Brilliant Yotenega said...

Jessis, Kamu penulis keren! Ini tidak untuk berbasa-basi memujimu tapi gak nyangka bisa nulis seperti ini. *Menjura*

KBBI: Menjura: membungkuk dng menangkupkan kedua tangan (dng maksud menghormat)

Brilliant Yotenega said...

Wah, ditulis dengan sangat indah. Pas dibaca di sabtu pagi seperti ini. Ini sisi lain yang belum terlihat sebelumnya dari tulisanmu.

Keren!
Tidak bermaksud untuk memuji basa-basi tetapi ini memang bagus. Beutifully written.
*Menjura*

Menjura: membungkuk dng menangkupkan kedua tangan (dng maksud menghormat) #KBBI

~ jessie ~ said...

@Shinstya: wuaduh, jadi malu, Shin.. :D

@Ega: random banget ya, Ga, tema-nya? Tp makasi buangettt apresiasinya, apalagi itu keluar darimu. Rasanya berlipat-lipat ganda campuran gitu. :D. 35 days to go! :D