RSS

Mengapa saya kembali menulis dengan bahasa Indonesia

  1. Karena saya sudah kembali ke Indonesia
  2. Karena saya kangen menulis dengan bahasa Indonesia
  3. Karena saya sudah tidak bisa lagi menulis dengan bahasa inggris
  4. Karena saya ingin
Jawabannya: tidak semuanya benar.

Tidak tahu mengapa dan bagaimana, tiba-tiba terbersit keinginan untuk menulis lagi dengan bahasa Indonesia. Bukannya saya suka sok, begitu tinggal di luar negeri langsung menulis dengan bahasa inggris kemudian setelah pulang ke Indonesia saya kembali menulis dengan bahasa Indonesia.

Seperti yang sudah saya tuliskan di blog terdahulu bahwa saya sudah ada di Surabaya dengan segala bentuk keberantakan dan kesemrawutan yang ada, bahasa yang saya dengar, saya ucapkan dan saya tuliskan, tentu saja bahasa Indonesia. Semuanya menggunakan bahasa Indonesia, baik bahasa baku, ejaan yang disempurnakan, bahasa slang maupun bahasa suroboyoan. Saya jadi teringat ketika saya di Melbourne, saya dan Erwin (atau kadang-kadang dengan teman Indo) bisa dengan bebas menggosipkan, membicarakan maupun memaki orang yang duduk di depan kami atau berdiri dekat kami dengan bahasa Indonesia. Kalau tentu saja kami yakin bahwa orang yang kami gosipkan, bicarakan ataupun maki itu jelas-jelas bukan orang Indonesia. Disini kebalikannya. Kalau kami ingin membicarakan orang yang di depan kami tapi tidak ingin ia tahu apa yang kami bicarakan, kami harus bicara dengan bahasa inggris. Itupun tidak sembarang kami bisa, karena pastilah banyak orang disini juga bisa berbahasa inggris.

Jadi, mengapa saya kembali menulis dengan bahasa Indonesia?

Entahlah. Kadang-kadang apa yang ingin saya ungkapkan disini, lebih seru dan lebih ekspresif jika diungkapkan dengan bahasa Indonesia. Hanya sayangnya sahabat Malaysia saya tidak akan bisa membaca tulisan-tulisan saya lagi.

Karena itulah saya putuskan, saya akan meluncurkan blog satu lagi… *penonton mulai bertepuk tangan dengan riuh* apa??? No way!! Jessie yang tidak telaten punya dua blog? Apa sudah gila?? Tidak. Satu blog saja sudah cukup bikin pusing. Karena itu saya putuskan, di suatu waktu saya akan menulis dengan bahasa inggris dan di waktu yang lain saya akan menulis dengan bahasa Indonesia. Habis perkara.

Jadi maksud dari posting yang ini apa?

Lu kira-kira sendiri deh….


Minggu, 28 Januari 2007
8:57 pm

2 komentar ajah:

surti said...

Hi Jess..udah kerja lagi ternyata :), ditempat yang sama waktu sblm ke Melbourne?
kemarin jalan-jalannya seru..udah baca kan yang di jalan-jalan-ala-surti? :D
eh ya, baby due-nya kapan ya?
take care ya..

~ jessie ~ said...

Udah nih... kalo nganggur di rumah malah stres, heheheh. Di tempat yang sama kok. Udah, aku udah baca *mana pernah sih aku melewatkan blog-mu?? hehehe* Baby due-nya sih katanya tgl 22 maret, tapi kemaren cc-ku udah ngelahirin di week ke-38 tu, sementara aku ni udah week ke-32. Tuh kan... syeremmm.....