RSS

cintapuccino

Andaikan kudapat mengungkapkan perasaanku... Hingga membuat kau percaya... Akan kuberikan seutuhnya rasa cintaku... Rasa cinta yang tulus dari dasar lubuk hatiku...
-Selamanya Cinta by Yana Julio/D'Cinammons-

Lagu ini nih yang sedang terngiang-ngiang di telinga saya. Jadul banget ya? Lagipula kaga cocok deh ama saya. Lha wong saya tuh anti bener deh ama yang namanya lagu-lagu cinte. Kesannya kayak yang ngegombal banget. Kayak yang nggak wajar banget. Kayak yang bikin eneg banget. Dari duluuuuu deh... lagu-lagu indo nih kaga berubah. Temanya tentang cintaaaaa muluuuu!!! Ya bolehlah kalo mo tentang cinta, tapi jangan lagi-lagi cinta antara laki-laki dan perempuan. Emangnya kaga ada yang lain ape?

Weleh-weleh, gini ini saya kalo sudah ngomel tentang lagu-lagu indonesia. Itu baru lagu lho ya. Blom sinetronnya, blom film-nya. Kalo film sih... nah ini. Saya mau ngebahas satu film, yang minggu lalu iseng saya pinjam VCD-nya di rental langganan saya. Kenapa saya pinjam VCD? Karena saya MALAS nonton film indo di bioskop. Soalnya, menurut pengamatan yang tidak sengaja saya lakukan, (dan kayaknya teman saya si pet-pet juga melakukan hal yang sama) film indo tuh kalo diputar bulan februari misalnya, nah coba hitung, ntar beberapa bulan kedepan udah nongol tuh film di telepisi nasional kita. Lagipula, film-film indo juga kebanyakan temanya berkisar tentang cinta mulu! Kalo ga tentang cinta, ya horor! Dua itu deh yang suka nongol di bioskop.


Nah, film yang mau saya bahas ini temanya tentang cinta juga. Judulnya aja udah kelihatan: CINTAPUCCINO. Ada yang sudah pernah nonton? Ato baca bukunya? Coz film ini disadur dari novel remaja berjudul sama, dengan penulis: Icha Rahmanti (kalo ga salah). Buat yang belum nonton ataupun baca bukunya, saya kasi a brief review-nya aja ya.

Adalah seorang cewek namanya Rahmi. Dikisahkan si Rahmi udah punya cowok namanya Raka. Dan perjalanan menuju pernikahan sudah dilakukan. Mereka hendak merencanakan acara lamaran ato pertunangan. Tetapiiii... si Raka ni ga tahu kalo Rahmi punya masa lalu yang belom bisa dilupakan, ato tepatnya takkan bisa dilupakan sampai sekarang. Rahmi pernah terobsesi dengan seorang cowok yang namanya Nimo. Boleh dibilang Nimo nih cinta pertamanya Rahmi. Tapi Rahmi nggak pernah berhasil *coz ga punya nyali* untuk ngungkapin perasaannya pada si Nimo. Waktu pun berlalu. Nimo kerja di Brunei, Rahmi melanjutkan kehidupannya di Bandung. Sampai suatu hari, menjelang hari pertunangannya, tak dinyana si Nimo datang ke Bandung dan ngajak Rahmi ketemuan.
Si Nimo nih ganteng bok *wong saya yang nonton aja suka ngeliatnya*, biarpun dilihat dari kualitas akting ya jelas bagusan *banget!!!* Nicholas Saputra dunkz. Trus, usut punya usut, perasaan cinta Rahmi ternyata bersambut! Nah lho... . Ternyata Nimo juga punya perasaan cinta ama Rahmi. Jadi gimana nih? Rahmi kan mo tunangan tuh. Rencana mempertemukan keluarganya Raka dan keluarga Rahmi kan tinggal beberapa hari lagi. So, karena Rahmi belom bisa memutuskan, rencana pertunangan itu tidak dibatalkan, tapi dia juga ga bilang sama Nimo kalo dia udah punya calon suami. Weleh, weleh. Sampai disini, saya dan hubby nebak-nebak. Kira-kira Rahmi bakal milih sapa ya? Raka ato Nimo? Kita berdua sih sepakat kalo Rahmi pasti pilih: RAKA. Dengan asumsi: telat banget lo datengnya, Mo! Hehehehe. Suatu hari bertemulah Raka dengan Nimo *setelah selama berhari-hari tingkah Rahmi jadi aneh bin ajaib*, dan mulai curiga tentang hubungan Nimo dan Rahmi. Raka cari tahu ke sepupunya Rahmi, dan tahulah dia bahwa Nimo itu obsesi terbesarnya Rahmi waktu SMA. Dengan bijak, Raka bilang sama Rahmi, kalo dia nggak mau Rahmi menikah dengannya padahal perasaannya sedang bimbang. Dia membiarkan Rahmi memilih. Raka ato Nimo. Bingung tujuh kelilinglah si Rahmi. Wong dia udah bilang sama Nimo kalo dia sudah punya calon suami dan karenanya dia nggak bisa menerima Nimo. Too late, darling. Trus pas lagi bingung nih, tantenya *diperankan Ida Kusumah* bilang: "Jaman sekarang itu, orang-orang sudah nggak mau memperjuangkan cinta. (jeda) Calon istri kok ditinggal, hanya gara-gara cemburu." Woshhh... jadi keputusan Raka untuk ngebiarin Rahmi memilih salah nih?? Nggak bijak nih?? So, seperti orang yang baru ngeh tentang sebuah kebenaran, Rahmi pun mengejar matahari, eh, maksud saya mengejar Nimo yang katanya sudah balik ke Jakarta untuk balik ke Brunei (nah lho bingung dah). Pas enggak ketemu, dia curhat sama sepupunya. Dia bilang, dia menyesal blom pernah ngungkapin ke Nimo kalo nama Nimo lah yang memenuhi diary-nya, Nimo-lah obsesi terbesarnya, Nimo-lah cinta matinya. Pas dia tereak-tereak kayak gitu, eladalah si Nimo ada di belakangnya ngedengerin teriakan-teriakannya itu. Jadi ternyata akhir cerita: Rahmi sama Nimo! Lohhhhhh kok???

Abis nonton nih film, saya berdebat kusir dengan hubby. Hubby bilang, Rahmi tuh cewek yang nggak bener. Yang nggak bisa menjaga komitmen. Saya bilang, saya bisa mengerti perasaan Rahmi. Ya bayangin aja dah, kalian pernah naksir berat ama seseorang di masa lampau, terus pas kita udah sama orang lain, seseorang itu datang dan bilang kalo dia cinta. Nah, gayung bersambut kan?? Saya sih bayangin kalo saya ada di posisi Rahmi *dalam posisi blom nikah lho yaaa...*, saya bakal milih sapa ya?


Tapi, dari film ini, saya dapat sesuatu yang bagus hehehehe. Harus dong! Harus cari sesuatu yang berguna juga lah. Bahwa cinta tu layak diperjuangkan! Kayak pasir di genggaman deh. Kalo terlalu erat, butiran-butiran pasir juga bakal keluar, tapi kalo nggak digenggam sama sekali ya tetap meluncur keluar juga.


Saya jadi penasaran baca bukunya.... Bisa best-selling ya... *sorry, Icha Rahmanti... no offence!*

Monday, 25 February 2008
3:18 pm

a bright star soul

Ikutan ya, Ka... hehehehe.

A bright star soul?? Me?? Honestly!




You Are a Bright Star Soul



Like a shining star, you have no trouble being the center of attention

In fact, you often feel a bit hurt when all eyes aren't on you

You need to be number one in everything, no matter how trivial

And it's this ego that both hurts your confidence and helps you achieve



You're dramatic and a powerhouse of pure energy

You possess a divine quality or uniqueness that's hard to define

A natural performer, it's likely you'll become famous in some circles.

Just learn not to take everyone's reaction to you so personally!



Souls you are most compatible with: Newborn Soul and Prophet Soul

nyolot


Kalau berkendara di jalan, saya suka nyolot.

Kalau saya lagi ngantri, terus ada orang seenak udelnya nyerobot, saya suka nyolot.

Kalau ada yang nabrak atau nyerempet mobil dimana saya duduk manis di dalamnya, tapi dia yang nabrak nggak ngaku salah, saya suka nyolot.

Itulah mengapa saya tidak terlalu suka berkendara di jalan.

Itulah mengapa saya tidak suka antri.
Itulah mengapa saya lebih baik diam dan duduk terpekur dalam mobil daripada menyetir.

Jalanan dari rumah yang saya tempati sekarang dan kantor saya dilalui angkutan umum. Bemo kuning. Naek motor juga cuma sepuluh sampai lima belas menit. Jangan tanya saya tentang berapa kilometer kira-kiranya antara rumah dan kantor. Karena saya tidak bisa menjawab. Paling-paling saya jawab: "Deket aja. Palingan 10-15 menit." Tapi yang cuma sepuluh sampai lima belas menit itu bisa buat saya bikin dosa berkali-kali. Kalau pas apes, saya berkendara pake motor dan harus berada di belakang bemo, yang amit-amit lambatnya kalau jalan (karena mata sang supir sibuk merajalela mencari penumpang) dan saya nggak bisa nyalip. Kenapa nggak bisa nyalip? Karena jalur sebelah juga sama ramainya. Kadang-kadang juga, kalau pas lebih apes lagi, saya berkendara pake motor, agak ngebut, di belakang bemo jalan, trus tiba-tiba bemo-nya berhenti tanpa parkir lebih pinggir-an. Jadilah saya harus yakin bahwa rem di motor harus pakem adanya. Itu baru bemo. Sementara, jalanan yang saya lalui tidak hanya dilewati bemo saja, banyak juga kendaraan lainnya. Hanya sedikit yang santun di jalan, lebih banyak lagi yang sembrono.

Makanya saya nyolot.


Saya punya cita-cita membuat Indonesia ini jadi lebih baik. Karena itu,
instead of memprovokasi orang lain buat melakukan sesuatu untuk tanah air saya ini, saya pikir lebih baik itu dimulai dari saya sendiri. Salah satunya adalah ANTRI. Sapa seh yang doyan nunggu? Apalagi kalau sinar matahari lagi terik-teriknya, sehingga bikin pori-pori kita terus memproduksi peluh - membasahi kulit, leher sampai nempel ke baju. Sapa seh yang doyan nunggu? Apalagi kalau waktu terus berseru-seru mengingatkan tentang kerjaan yang harus selesai dan tugas yang harus segera dikerjakan. Sapa seh yang doyan nunggu? Apalagi kalo diserobot orang lain, padahal kita duluan yang nangkring disitu. Tadi pagi-pagi saya sudah ditelepon untuk menyelesaikan keuangan. Ya saya langsung buru-buru cabut dari kursi panas saya. Biar ga perlu dibilang, kalo mau ambil duitnya aja cepet-cepet, kalo disuruh nyelesaiin susahnya minta amprut. Sesampainya disana saya masih harus nunggu. Sementara kuping ini harus juga dijejali omelan dan gerutuan sang petugas yang tentunya omelan dan gerutuan itu bukan tentang saya. Hanya saja, karena kuping saya yang mendengar, dan kuping saya mentransfer kata-kata tak enak itu ke hati saya, hati saya juga ikutan tak enak. Tak berapa lama, ada lagi yang datang. Menurut aturan yang saya tahu, harusnya kan saya duluan ya yang dilayani? Kan kaki saya dulu yang berdiri disitu? Tuan Waktu yang jadi saksinya. Hanya Tuan Waktu lebih memilih diam, tidak mau mengingatkan si petugas bahwa mestinya dia melayani saya dulu, karena saya datang lebih dulu. Sebab Tuan Waktu diam, maka saya harus rela hak saya dicabut. Saya baru dilayani setelah petugas yang mulutnya mencucu itu selesai berurusan dengan orang yang datang setelah saya. Kalau waktu itu posisi saya lain. Kalau kejadian itu nggak di kantor. Kalau kejadian itu di pompa bensin misalnya, atau di supermarket, atau di pasar, saya pasti nggak akan diam pasrah. Saya PASTI akan memperjuangkan hak saya!

Makanya saya nyolot. Tapi di belakang. Jadi sama-sama dosa deh.

Nah, sekarang bayangkan. Buat para pembaca dari Surabaya, lebih mudah lagi bagi kalian untuk membayangkan. Kalian sedang enak-enaknya duduk ngobrol di mobil yang menggelinding menuju Sidoarjo. Mobil itu berhenti di pertigaan dari jemur andayani dan a. yani. Ramai lalu lintas memaksa kalian menunggu mendapat kesempatan untuk kembali menggelinding. Tiba-tiba, ada mobil lain
notol bemper bagian depan mobil kalian, tapi supir mobil ini, berinisiatif berhenti dan minta maaf pun tidak. Apa yang kalian lakukan? Teman saya memaksa mobil yang menabrak ini berhenti di pinggir jalan untuk sekedar bertanggung jawab. Supirnya adalah pria setengah tua. Mungkin sudah lima puluh tahun ke atas. Dia bilang, bemper mobil kami rusaknya nggak parah. Punya dia lebih parah. Membentuk garis panjang. Tapi, hei... kan dia yang menyerempetkan mobilnya ke mobil kami? Mobil kami dalam keadaan berhenti, ingat? Setelah perseteruan yang alot antara teman saya dan bapak setengah tua itu tadi, saya keluar dari mobil, dengan maksud cuma ingin melihat seberapa parah rusak bemper mobil pinjaman kami. Tapi karena saya merasa teman saya sedang diperlakukan tidak adil dan istri bapak setengah tua tadi ikut turun (jadi one on one nih), saya ikut andil dalam perseteruan itu. Mereka nggak mau bertanggung jawab, hanya minta maaf belaka. Saat kami minta ID card mereka, mereka ngakunya nggak bawa, dan waktu itulah lidah saya meruncing. Saya bilang, "Kalau gitu, kesalahan ibu ada dua. Satu, mobil ibu nabrak mobil saya. Dua, ibu nggak bawa KTP!"

Makanya saya nyolot.

Saya harus akui, kadang-kadang nyolot saya kurang santun. Kurang melihat waktu, kondisi dan lawan bicara. Kadang-kadang nyolot saya berbau kurang ajar. Apalagi kalau merasa hak-hak saya sedang dikebiri. Yang saya masih harus pelajari adalah, bagaimana melihat medan yang sedang dihadapi. Boleh saja saya perjuangkan hak-hak saya, tapi caranya harus santun. Tidak boleh kurang ajar.


Saya memang suka nyolot, tapi saya juga mau belajar. Jadi manusia yang lebih baik.

Friday, 15 February 2008
12:11 pm

power! power! power of friendship!


Valentine udah deket banget nih... tinggal dua hari lagi ya? Nahhh... dalam rangka valentine pula saya mau ngomong tentang cinta. Bah! Saya kok ngomongin cinta. Lah, emang cinta tu apa sih?

Yang jelas cinta itu bukan:

1. buat mereka yang lagi kasmaran ajah

2. buat mereka yang lagi pacaran

3. buat alasan untuk ngerebut pasangan orang lain
4. yang seperti diceritakan di sinetron-sinetron atau lagu-lagu indonesia (sinetron dan lagu indonesia nih kayak tutup ketemu botol deh!)


BUKAN!!!!! Kalo yang kayak gitu mah, udah mau muntah aja rasanya saya ini. Masa sih cinta tu selalu diidentikkan dengan hal-hal yang diatas.


Cinta itu universal tauk! Cinta itu nggak sesederhana itu tauk! Cinta itu punya banyak ruang tauk!


Nah, karena cinta itu universal, maka kali ini saya mau bahas cinta dalam persahabatan. Hihihihi... persahabatan kok dihubungkan dengan cinta, aneh dehhhh. Ih, enggak lagi. Kalo nggak ada cinta, nggak ada juga kok persahabatan. Dulu sekali saya pernah bilang, sahabat adalah seseorang yang pernah bertengkar hebat denganmu, bahkan mungkin menguras air matamu, tapi yang tetap kembali dengan tangan terbuka, bergandeng tangan, saling memaafkan dan berjalan bersama lagi. Sampai sekarang, buat saya, sahabat itu ya itu.


Dua hari ini, saya seperti dibawa kenangan. Dinner dengan teman-teman gereja bikin saya ingat lagi masa lalu saya bersama mereka.


Elika.
Nita. Yunita
(kemaren dikenalin pula sama cowoknya; buat SEN, sori yaaa... u know what I mean lah). Adi. Lenny. Michael. Minus Inge nih... (where were you, girl??).

Mereka teman-teman saya. Komunitas saya, dimana saya bertumbuh bareng-bareng mereka. Dan
I really love hanging around with them. Why? Karena kalo jalan sama mereka, saya ga perlu dandan! Cuma kaos dan celana tigaperempat ditambah sandal jepit, udah ok. Bisa melanglang buana menuju pojok-pojok mal deh dengan mereka. Mereka adalah orang-orang yang menerima saya apa adanya. Jelek-jeleknya saya, mereka udah tau. Dan saya malah senang kalo mereka terang-terangan ngomong kejelekan saya.

Yang saya suka telat. Yang saya suka ndadak-ndadak (sorry, guyss...). Yang saya selalu bikin heboh. Yang saya suka ceplas-ceplos, nggak peduli ngomong sama sapa (yang ini udah dikit berubah kok, frennn). Yang nggak pernah capek, karenanya selalu bikin capek mereka. Yang suka bikin kapok mereka yang kebetulan bonceng saya naek motor (maap ya Yunnn...). Yang saya kadang-kadang bikin malu. Wah.. banyak deh!


Tapiiii... mereka juga yang ada waktu itu. Waktu saya sendiri. Waktu saya marah-marah. Waktu saya ngomel-ngomel. Waktu saya sedih. Dan mereka
SANGAT understanding sama saya. Jadi, biarpun saya sudah punya anak, mereka tidak mengalienkan saya (maksudnya mengasingkan saya gara-gara saya sudah beranak hehehehe). Bahkan, waktu saya ulang tahun kemaren, masih diumumin juga tuh di persekutuan pemuda-nya (weleh-weleh... bikin saya terharu sekaligus malu saja). Meanwhile... saya juga punya sahabat-sahabat lain, yang nggak kalah serunya dengan mereka.

Lydia & Yulan
.


Mereka berdua ini temen-temen kantor saya. Ya, sebenernya yang lain juga ga kalah seru sih... tapi karena kami bertiga ini sebaya (biarpun saya sudah beranak, yulan sudah bersuami dan lydia masih berpacar, hehehehehe), jadi kami lebih akrab satu dengan yang lain.


Kami ini punya beberapa kesamaan, antara lain:
1. suka poto! (pernah nih di suatu acara retreat kampus, saya dan lydia jadi partisipan, trus pas mau dipoto, hasilnya semua orang lagi liat pembicaranya ngomong, saya dan lydia malah liat kamera sambil senyum-senyum sendiri hihihihihi)

2. suka narsis!

3. suka gila-gilaan diatas jam 3 sore!


Kami nih juga punya kebiasaan yang mungkin kalo diterapkan di kantor lain, kami bisa dikucilkan dan disirikin. Soalnya kita suka saling mengomentari satu dengan yang lain! Contohnya gini.

"Hari ini rambutmu agak berminyak ya."

"Rambutmu berantakan banget hari ini."

"Bajumu itu kurang cocok sama bawahannya."

"Kamu kok kucel hari ini."
"Idungmu merah tuh. Bikin jelek aja."


Dan kami melakukannya tanpa maksud
ngenyek. Ya itu cuma tanda kita saling merhatiin. Dan biarpun kami terdengar saling mengejek, kami cuma tertawa-tawa aja tuh. Nggak pernah ada yang tersinggung ato gimana. Makanya, saya jarang sekali komplain tentang tempat kerja saya. Karena ya itu tadi... temen-temen kantor saya asik punya bok. Satu banding seratus lah (ato seribu ya?) buat nemu temen-temen kantor kayak mereka.

Ulang tahun saya baru lima hari yang lalu. Salah satu sahabat saya bilang,
kok abis ulang tahun malah nulis tentang jealous? Ucapan syukurnya mana? Hehehehe... saya mengucap syukur kok. Saya tetap merasa bahwa saya ini salah satu orang yang paling diberkati di muka bumi ini. Dan persahabatan saya dengan teman-teman yang saya sebut diatas itu salah satu berkat yang diberikan Tuhan buat saya.

HAPPY VALENTINE!!


Tuesday, 12 February 2008
10:07 am

ps: Oya, cuman mo nambahin, kalo kita bersahabat tuh bukan karena kita punya kesamaan. Tapi karena kita berbeda, yang membuat kita jadi pelengkap satu dengan yang lain.

a virus so called jealousy


Have you ever been infected with this virus? In fact, millions of people around this world have been. I, on one hand, am one of them. A phrase such as neighbor's grass is greener than mine is sometimes so me.

For lots of time, I have accidentally slipped (believe it or not, it is an accident!) this virus into my mind. And once it was planted, it would rapidly spread inside your body - disturbing your dream, becoming so annoying and making your life even worse. Because when jealousy comes to knock your door and you open the door for it, I guess you should agree with me - that there's nothing it will bring but dislike and hatred.

A story below, was really my experience and I was so thankful that God lets me to spend time to make a reflection of it.

I was really envied of her life. Her with her son. Her with her husband. Her with her experience to manage all her housework alone far from family. She's been great. I had to admit it. Meanwhile, I deeply wanted to replace her position. I wish it were me. For many times, it had already planted in my mind (thanks for one of my cousin-in-law who taught me about making a competition among our children) that my son is the best - that no baby is as cute as him - that everybody will love him only. Not her son, not hers as well. And afterward, I would like to slap myself to remind me that that thought is so evil and not good.

Yet, is it wrong to be jealous? To be jealous when she took her son to the beach, while I could not do the same way (unless you consider Kenjeran is a good beach for children to play)? To be jealous when she took her son to the pool, while I could not do the same way (busy, busy, busy...)? To be jealous when she bought her son many toys which I could not find them here in Indonesia (or I could find them but with price beyond your mind and you could not buy them as a still-good second-hand item)? To be jealous that she actually has been succeeded to be a true housewife as well as a mother (she has managed all her houseworks at the same time with looking after her active baby, remember?), while I have to hire a maid to do the houseworks I could not do since I have to work? Is it wrong??

Well, yes, it is wrong, admittedly. And I have been in my quiet time to come to think about all the effect of the virus. The story I told above was only one thing. There are many other similar things with different people in which I let the virus of jealousy be planted in me. Then, I talked with my husband. He has been so wise this time. He said, life is not about to win and to lose. Life is about to share, to be happy with what you have, not with what you do not have. Children are not supposed to be taught to compete against each other, otherwise they will learn to be selfish and think only about their goodness's sake. He said, I may not be able to manage all the houseworks because I have to work and being a working mother is also something to be proud. I still can cook some food for my son, anyway. And I only need to hire a maid, who helps me out with those I could not do. I do not need to hire a baby-sitter who usually look after the baby for the whole day, every time, everywhere. God knows I would not stand if my own son gets too closer with his baby-sitter or the other people, rather than with his own mom.

On the other hand, I knew I will not be immune with this virus, but I still can prevent it to spread inside my whole body and infect my mind. Maybe... she was jealous of me too (hehehe), being far away from family could be something to miss as well.

Friday, 8 February 2007
9:37 am

ps: Ce, I knew I have been so envied of you and your life, but it will not change my love for you and your family. You have been my sister, even long before I ended up with 'him' (
You know what I mean , rite?). Your husband have been my brother as well. And your son, I'm sure, will be the best pal of my son.