RSS

penjajahan

"... karena penjajahan tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan..."
- Preambule UUD '45 -

Ada sebuah pertanyaan yang cukup menggelitik kemarin pagi: "Jika pada hari ini pemerintah Indonesia memutuskan semua pemuda angkat senjata untuk menjajah Brunei Darusallam, negara kecil tapi kaya raya itu, apa yang akan anda lakukan? Angkat senjata mendukung pemerintah atau tidak?"

Saya mungkin tidak akan mau angkat senjata demi penjajahan. Beratus-ratus tahun bangsa Indonesia hidup dalam penjajahan bangsa asing, dan beratus-ratus tahun itu pula rakyat merasakan bagaimana menderitanya hidup dibawah kungkungan pemerintah asing. Tapi yang nyata sekarang, rakyat yang merasakan menderitanya hidup dibawah kungkungan pemerintah asing sudah semakin sedikit. Dan karenanya kemerdekaan menjadi rutinitas bahkan sesuatu yang tak terlalu penting bagi orang-orang tertentu. Sudah bukan jamannya lagi upacara bendera. Kibarkan bendera di depan rumah saja, beres!

Kata siapa kita sudah merdeka dari penjajahan? Kita belum merdeka. Kita masih dijajah oleh teroris. Masih dijajah oleh kapitalisme. Masih dijajah oleh koruptor. Masih dijajah oleh yang nggak bisa disebut satu per satu disini.

Tapi saya senang, karena penjajahan sekarang lebih cerdas dan karenanya diperlukan orang-orang jajahan yang lebih cerdas. Saya senang masih ada orang-orang bersama-sama bersatu mengutuk teroris. Saya senang karena kapitalisme meskipun ada tidak menjadikan bangsa ini semakin runtuh. Dan saya senang karena koruptor-koruptor sedikit demi sedikit mulai diberantas.

Pembaca boleh sinis. Pembaca boleh mencibir. Karena tidak banyak yang memuji Indonesia. Tidak banyak yang angkat topi buat Indonesia. Lebih banyak lagi orang yang mencaci Indonesia. Mengeluh tentang Indonesia. Dan lari dari Indonesia. Saya mungkin salah satunya. Tapi saya percaya Indonesia akan jadi lebih baik dengan adanya penjajahan. Bukan penjajahan oleh bangsa lain, tapi penjajahan oleh sesuatu yang tak kasat mata. Yang barangkali lebih berbahaya daripada yang tampak.

Tak apa. Penjajahan mungkin diperlukan supaya orang-orang tetap berjuang untuk sebuah kemerdekaan. Kemerdekaan yang terus diperbarui. Supaya orang-orang tidak terlena oleh apa yang sering disebut dengan freedom. Seperti ikan cod dan ikan lele jika disatukan dalam satu tempat. Ikan cod akan terus hidup jika ikan lele terus memburunya untuk dimakan.

Selamat ulang tahun, Indonesiaku..

Monday, 17 August 2009
10:56 pm

2 komentar ajah:

joanne said...

wow..
pas ya 17 agustusan...
ganti rektor...
hehehhehehhehe....

jc said...

Aku malah baru inget kalo ganti rektornya pas 17 Agustus.
Gpp, biar petra dianggap nasionalis, wkakaka..