RSS

pms oh pms


Apa tuh PMS?


Suatu hari temen kantor saya Ms. YY bertanya pada saya dengan matanya yang membelalak lebar, dengan nada ingin tahunya. Gara-garanya, saya dan bunda *panggilan kesayangan anak-anak kantor saya pada boss saya* suka bilang: Wah saya lagi PMS nih di hari-hari tertentu pada satu bulan.

Buat yang sama nggak tahunya dengan teman saya, Ms. YY *sekarang sih dia udah tahu*, saya kasi tahu, tapi penjelasan ala kadarnya ya... karena saya kan bukan expert, bukan kamus, bukan ensiklopedia, juga bukan sodaranya Uncle Google apalagi Mr. Yahoo!, hehehe.
PMS atau Pra Menstruation biasanya dialami oleh para cewek *yaiyalah... bayangin kalo cowok yang ngalamin??* dan terjadi beberapa hari sebelum haid. (Maap ya... ni blognya cewek soalnya... hehehehe). Tanda-tandanya bisa bervariasi: mulai dari uring-uringan tanpa sebab, berlaku aneh, kedinginan luar biasa di malam hari, pegal-pegal sampe jadi tukang tidur! Itu bukan disengaja lho... tapi karena pengaruh hormon di dalam tubuh. Kalo saya sih biasanya:

- gampang ngambek
Serius loh! Jadi kadang-kadang tuh kalo dalam keadaan biasa itu masalah nggak pernah jadi besar buat saya, di hari-hari PMS saya bisa jadi besar en bikin bertengkar. Hubby udah ngerti sih soal ini, jadi dia lebih sabar ngadepin saya kalo lagi beginian *walaupun kadang-kadang saya suka manfaatin hehehe*. Yang dia lakukan kalo saya lagi gampang ngambek gini biasanya beliin saya cokelat, coz saya pernah bilang ke dia: orang lagi nggak enak hati atau marah-marah tuh bisa reda kalo makan cokelat, hihihihi.

- migrain
Serius loh! Saya suka tiba-tiba sakit kepala satu sampe dua hari sebelum harinya. Dan sakit kepalanya bukan sakit kepala biasa *halah, kayak iklan aja*, sakit kepalanya cuman sebelah aja, dan selalu sebelah kiri! Harus diminumin obat, nggak cukup kalo cuma dibuat tidur.

- pegal-pegal
Serius loh! Badan tuh rasanya pegel-pegel, males ngapa-ngapain, cepet capek ditambah badan kayak mau sakit! Istilah orang jawa: nggreges-nggreges.

- ngantukan
Serius loh! Tiba-tiba aja dalam beberapa hari saya jadi tukang tidur. Enggak terlalu kelihatan sih kalo di kantor. Pokoknya kalo nggak lagi ngerjain sesuatu, pasti ngantuk deh. Kalo udah ngantuk maunya tidur aja!

- cepet laper
Alias banyak makan. Serius loh! Saya nih termasuk yang nggak doyan ngemil, tapi kalo lagi PMS, meskipun udah makan kok ya tetep pengen ngemil. Cepet banget laper lagi *kok jadi kayak orang hamil ya??*

Yang saya sebut diatas itu cuma tanda-tanda saya lho. Seperti yang saya bilang, tiap orang bisa jadi tanda-tandanya beda-beda. Teman saya malah ada yang nggak doyan makan kalo lagi PMS. Yang lain ada yang sakit perut luar biasa. Buat pembaca cowok, kenalilah gejala-gejala PMS pada pasangan anda sejak dini *ceilah*, karena dengan mengenali gejala-gejala tersebut kalian akan mengerti dan nggak akan dibuat stressful karenanya. Karena jujur aja, saya suka rada nggak make sense kalo ngambek pas PMS, hehehehe. Secara pernah ada teman cowok saya curhat, dia nggak ngerti kenapa ceweknya suka uring-uringan tanpa sebab, dan usut punya usut ternyata itu terjadi beberapa hari sebelum ceweknya itu haid! Nah kan... coba kalo ngerti....


Seperti yang dinyanyiin Ari Lasso:

Sentuhlah dia
tepat di hatinya; Dia kan jadi milikmu selamanya;
Sentuh dengan setulus cinta; b
uat hatinya sampai melayang

Tuesday, 6 May 2008
9:02 am

2 komentar ajah:

~~Devita~~ said...

wakakkakak.....
penggemar ari lasso toh?

jc said...

nggak juga sih... tapi suka lagunya yang itu! Coz lagunya bener banget dan bisa ditujukan ke cowok2!