Sunday, April 05, 2020

apa kabarmu hari ini?


Male Hand Reaching Out photos, royalty-free images, graphics ... 
Beberapa minggu yang lalu saya mungkin siap dengan segala kemungkinan. Kemungkinan kerja di rumah. Kemungkinan karantina wilayah maupun pusat. Kemungkinan tidak bisa keluar rumah untuk sementara waktu, entah sampai kapan. Tapi ternyata tidak juga. Ada banyak rasa yang muncul setelah beberapa minggu di rumah saja.

Rasa tidak berguna karena merasa tidak banyak melakukan apa-apa. Dan tiba-tiba seperti terdaftar menjadi anggota kaum rebahan.

Rasa sedih karena hampir setiap hari mendengar berita duka dan orang sakit. Lingkarannya pun makin sempit. Kalau dulu seperti jauh di negeri China sana, sekarang saya tahu siapa yang meninggal karena terpapar virus tersebut. Saya kenal dengan orang yang sedang menderita karenanya. Dan istrinya terus menerus meminta pada kami, teman-temannya untuk mendoakan suaminya.

Rasa kecewa dan frustasi karena hampir setiap hari pula saya membaca segala aksi yang harusnya segera dilakukan oleh sistem dan pemerintahan tidak dilakukan. Di mana nyambungnya membebaskan napi yang terlibat korupsi dengan menyelesaikan wabah di negeri yang mereka pimpin?

Rasa marah dan gemas karena juga hampir setiap hari masih saja ada orang-orang yang menyebarkan berita-berita hoaks yang tidak penting dan bikin panik. Punya kuota untuk menyebarkan berita yang belum tentu benar ke mana-mana tapi tidak punya waktu untuk mencari tahu dulu kebenarannya? Tolong otaknya dipakai. Jangan semuanya diserahin ke Tuhan.

Rasa bersalah karena banyak orang yang terus menerus mengatakan bahwa kita harus terus bersyukur dan selalu berpikir positif sementara saya sulit melakukannya. Kalau saya masih bisa makan, pikirkan orang di luar sana yang tidak bisa makan gara-gara ini. Harus bersyukur. Kalau saya masih punya atap dan dinding di mana saya bisa berlindung di dalamnya dari panas, hujan dan orang-orang pembawa virus, bersyukurlah. Banyak orang di luar sana tidak punya rumah, atau bahkan punya rumah tapi harus tinggal dengan orang-orang beracun alias toxic (ya, saya bicara tentang kamu wahai para pelaku KDRT baik fisik maupun verbal!), bersyukurlah. Bersyukur, bersyukur, bersyukur. Dan ketika saya memaksa untuk bersyukur dan mencoba berpikir positif, mencari-cari sedikit hal-hal baik di antara banyak hal-hal buruk ternyata melelahkan. Ini belum ditambah dengan tudingan-tudingan saya sebagai salah satu bagian dari privileged people community atau komunitas orang-orang yang memiliki hak istimewa, yang bahkan mengunggah atau memamerkan hasil masakan sendiri saja bisa merasa berdosa dan tidak sensitif. Dan merasakan lelah pun menghasilkan rasa bersalah.

Lalu saya mencoba berhenti. Berhenti dari hiruk pikuk rasa yang dalam beberapa minggu terakhir ini memenuhi isi kepala saya. Berhenti sedih, berhenti kecewa dan frustasi, berhenti marah dan gemas, berhenti merasa bersalah dan berhenti lelah. Tapi kemudian saya ingat, manusia tidak didisain untuk untuk tidak bisa merasa. Dan merasa sama pentingnya dengan berpikir (yes, Descartes, I’m talking to you) agar saya, kamu, kita tetap ada.

Saya tidak pandai berbicara di depan orang banyak. Saya tahu talenta saya tidak di situ jadi jangan paksa-paksa saya untuk percaya bahwa saya bisa kalau saya mau belajar karena saya tahu saya jauh lebih baik jika menulis. Barangkali karena itulah tulisan ini ada: senukil campuran rasa yang mencoba saya tutupi dan saya hindari beberapa waktu terakhir ini. Pada akhirnya saya pelan-pelan menyadari, saya tidak sendirian, dan semua sedang berusaha untuk tidak gila dengan caranya masing-masing. Semua sedang berusaha berjuang dengan caranya masing-masing. And it’s okay. Membicarakannya, menuliskannya, menceritakannya, berbagi rasa. Dan kita akan saling menemukan, karena kita tidak sendirian menanggung ini semua.

Apa kabarmu hari ini? Rasakan saja. Saya, kamu, kita tidak perlu merasa bersalah karena itu. Sebab bersyukur bukan sebuah keharusan, tapi sebuah rasa tanpa paksaan.

Aku, kamu, kita tidak sendirian.


Surabaya, 5 April 2020
di tengah gempuran virus COVID-19

Gambar diambil dari sini.

2 komentar ajah:

jeedaleru said...

Kadang memang menjadi rapuh adalah hal yang wajar untuk kita nikmati. Terima kasih tulisannya:)

jeedaleru said...

Terima kasih tulisannya kak:)